Hari-hati, Ini Kesalahan ketika Mandi, Apa Saja?

  • Whatsapp
Ilustrasi mandi. © mensxp.com
Ilustrasi mandi. © mensxp.com
banner 468x60

HEALTH – Mandi merupakan cara yang biasa dilakukan untuk menyegarkan diri kita. Bagi orang Indonesia, kondisi iklim tropis membuat kita cepat berkeringat dan mandi merupakan cara yang tepat untuk menyegarkan diri dan membuatnya wangi kembali.

Pada orang Indonesia, secara rata-rata biasanya kita mandi dua kali sehari. Hal ini biasa dilakukan pada pagi dan sore hari.

Sayangnya, tanpa kita sadari, sering terjadi kesalahan yang kita lakukan pada saat mandi tanpa disadari. Hal ini justru membuat kondisi kulit yang seharusnya menjadi lebih baik setelah mandi malah memburuk kondisinya.

Sejumlah kesalahan ini kerap kali kita lakukan pada saat mandi sehari-hari. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah kesalahan ketika mandi yang tanpa disadari sering dilakukan.

Menggosok Kulit Kepala dengan Kuku

Menggosok kulit kepala dengan tepat bisa terasa menyegarkan. Namun, menggunakan kuku untuk melakukannya bisa menyebabkan masalah di kulit kepala.

“Kukumu bisa menyebabkan lecet di kulit kepala dan bahkan bisa membuatnya pecah-pecah,” terang Sandy Johnson, MD, dari Johnson Dermatology di Fort Smith, Arkansas.

Gunakan ujung jari namun hindarkan kuku untuk menggosok kulit kepala. Selain itu, hindari juga menggosoknya secara keras atau menggunakan rambut lain karena bisa berujung rambut bercabang.

Menggunakan Sabun yang Tak Mengandung Pelembap

“Sabun batangan tanpa kandungan pelembap seperti banyak sabun deodoran antibakteria bisa menyebabkan kulit kering,” terang Mona Gohara, MD, dari Advanced Dermcare di Danbury, Connecticut.

Menemukan sabun dengan pelembap ini bisa kamu lakukan dengan melihat kandungan sabun tersebut apakah memiliki asam stearic. Selain itu, lihatlah apakah sabun tersebut memasang tulisan melembapkan atau moisturizing di bungkusnya.

 

Mandi dengan Air Terlalu Panas dan Terlalu Lama

Mandi dengan air panas memang bisa membuat santai tubuh. Namun mandi dalam waktu terlalu lama dan dengan air yang terlalu panas justru bisa menyebabkan masalah kulit. Hal ini bisa menghilangkan minyak alami dari kulit.

Tidak Menggunakan Kondisioner di Kulit Kepala

Banyak orang hanya mengusapkan kondisionar pada bagian rambut mereka saja. Padahal, seharusnya kondisioner digunakan pada seluruh bagian rambut. Kondisioner bisa memberi kelembapan pada kulit kepala yang bermanfaat untuk mencegah rasa gatal dan pecah-pecah.

 

Menggosok Tubuh Terlalu Keras

Banyak orang terlalu keras ketika menggosok tubuh mereka. Hal ini bisa berdampak buruk pada kulit karena menghilangkan pelindung kulit alami yang dimiliki.

Menggunakan Pisau Cukur dengan Banyak Mata Pisau

Pisau cukur yang memiliki banyak mata pisau mungkin bisa membantu kamu bercukur lebih cepat. Sayangnya penggunaan hal ini bisa membuat kulit lebih rentan terluka. Disarankan untuk menggunakan pisau cukur sederhana dengan hanya satu atau dua mata pisau.

 

Kurang Bersih saat Membilas

Penting untuk memastikan sabun dan sampo yang kamu gunakan sudah benar-benar bersih dari kulit ketika mandi. Jika belum bersih, hal ini bisa berujung iritasi kulit dan menyumbat pori-pori. Membilas rambut dengan bersih bisa dan kepala condong ke depan bisa mencegah munculnya jerawat di punggung.

Jarak Terlalu Lama antara Mandi dengan Menggunakan Losion

Ketika hendap menggunakan pelembap, sangat penting untuk melakukannya selekas mungkin setelah mandi. Kondisi kulit yang sedikit basah ini sangat tepat untuk membuat losion terserap sempurna di kulit.

Sejumlah kesalahan ketika mandi tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan kulitmu. Kondisi ini tentu tidak ideal dan sebaiknya sebisa mungkin dihindari. (mdk)

 

Sumber: merdeka.com

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *