Ini Dia, Lima Produk Paling Laris di E-commerce yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

  • Whatsapp
5 Produk Paling Laris di E-commerce yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis. ©Shutterstock
banner 468x60

Belanja online melalui e-commerce memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Kepraktisan belanja, lengkapnya barang, hingga banyaknya promo menarik yang diberikan oleh e-commerce dan toko yang membuka lapak dagangan di sana, membuat e-commerce menjadi pilihan utama dalam belanja online.

Menurut riset dari Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC), mengemukakan fakta menarik bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap e-commerce semakin tinggi setiap tahunnya, sebab jumlah rata-rata transaksi e-commerce per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir pada 2019 terus meningkat. Puncak peningkatan ada di bulan Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Nah, dilihat dari insight di atas, e-commerce memang bisa jadi andalan terutama bagi para pebisnis yang ingin memulai bisnisnya pada ranah online. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai bisnis online terlebih dahulu, lebih baik simak 5 produk paling laris di e-commerce yang bisa dijadikan ide bisnis berikut:

1. Gadget

5 produk paling laris di e commerce yang bisa dijadikan ide bisnis

(c) Shutterstock

Tidak bisa dipungkiri, gadget adalah barang penting yang dibutuhkan masyarakat di era digital seperti sekarang. Mulai dari berkomunikasi, menjalani pekerjaan, bersosialisasi hingga menikmati hiburan bisa menggunakan gadget. Bisa dibilang, masyarakat modern hampir tidak bisa lepas dari gadget-nya.

Walaupun gadget adalah salah satu barang yang nominalnya tidak kecil, riset dari Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC) mengatakan sebaliknya, bahwa konsumen sudah lebih yakin bertransaksi dalam nominal besar. Rata-rata nilai transaksi yang meningkat dari 2018 ke 2019 di tiga belas (13) kategori produk seperti komputer dan aksesorisnya.

Ditambah lagi aplikasi pinjaman uang online seperti Kredivo sudah terintegrasi oleh 350+ e-commerce di Indonesia. Kredivo sebagai aplikasi pinjaman uang online yang sudah tepercaya dan diawasi oleh OJK, memberikan layanan kredit online dengan pembayaran berkala mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Bunganya pun ringan, hanya 2,6% per bulan.

Jadi, jangan takut untuk berjualan gadget secara online, semua teknologi dan layanan sudah memudahkan pelanggan untuk bertransaksi tanpa harus tatap muka dan merogoh kocek dalam-dalam di awal.

2. Fashion

5 produk paling laris di e commerce yang bisa dijadikan ide bisnis

(c) Shutterstock

Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC) juga mengatakan, 30% dari total transaksi sepanjang 2019 merupakan pembelian barang fashion baik oleh konsumen pria maupun perempuan. Salah satu alasan tingginya penjualan fashion disebutkan dalam laporan McKinsey & Company yang berjudul “The State of Fashion 2019” yang mengatakan masyarakat menginginkan produk yang bervariasi dan up to date, namun dengan harga yang terjangkau.

Jadi, teruntuk bisnis Anda yang sedang berencana berbisnis fashion atau para pebisnis yang belum memanfaatkan e-commerce sebagai salah satu channel untuk menjual produk Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Tetapi jangan asal mengunggah produk saja, pelajari competitor yang bermain di e-commerce seperti, bagaimana ia mengemas barang, di e-commerce mana saja ia menjual barang, bagaimana ia merespon konsumen, bagaimana ia menampilkan barang di toko dan lain sebagainya.

3. Produk Kecantikan

5 produk paling laris di e commerce yang bisa dijadikan ide bisnis

(c) Shutterstock

Dikutip dari e-commerce report 2019 yang dibuat oleh Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC), produk kecantikan menempati urutan kedua terlaris setelah produk fashion dengan persentase 16% dari total transaksi sepanjang tahun 2019. Ini membuktikan bahwa produk kecantikan tidak kalah larisnya dengan produk-produk lain yang ada di e-commerce.

Anda bisa menjual produk kecantikan seperti lotion, cream, vitamin, dan lain sebagainya. Jika ingin menjadikan produk kecantikan sebagai peluang bisnis Anda, pastikan untuk menawarkan produk kecantikan dari brand yang sudah dikenal luas dengan izin keamanan produk yang sudah disahkan lembaga terkait agar tidak menimbulkan dampak merugikan pada konsumen dan terhindar dari komplain konsumen.

4. Produk Kesehatan

5 produk paling laris di e commerce yang bisa dijadikan ide bisnis

(c) Shutterstock

Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 kemarin, kesadaran masyarakat akan kesehatan meningkat tinggi. Alhasil, banyak sekali toko-toko di e-commerce yang menjual produk kesehatan seperti vitamin c, minuman herbal, obat-obatan hingga masker dan lain sebagainya.

Tetapi, jika Anda ingin berjualan produk kesehatan jangan terpaku dengan menjual masker, vitamin c dan hand sanitizer saja ya, sebab ketika pandemi Covid-19 sudah mereda, produk lain seperti alat olahraga di rumah, obat-obatan, hingga ramuan tradisional juga laku di pasaran. Selain itu, pastikan produk yang Anda miliki sudah mengantongi sertifikasi layak dari BPOM dan Departemen Kesehatan agar keamanannya terjamin dan tidak menimbulkan keraguan bagi konsumen untuk mengkonsumsinya.

5. Perlengkapan Rumah

5 produk paling laris di e commerce yang bisa dijadikan ide bisnis

©Shutterstock

Perlengkapan rumah pun menjadi salah satu produk yang paling laris di e-commerce, data dari e-commerce report Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC), semakin tua, semakin sering membeli kebutuhan rumah tangga. Proporsi konsumen di atas 25 tahun dan pendapatan di atas Rp5 juta yang membeli produk peralatan rumah tangga lebih tinggi dibanding kelompok umur dan pendapatan lainnya.

Jadi, untuk Anda yang memiliki bisnis perlengkapan rumah tangga, jangan ragu untuk menampilkannya secara online di e-commerce pilihan. Walaupun jenis barang ini memiliki banyak varian jenis dan harga, jika Anda bisa menentukan jenis dan level harga yang ingin dipasarkan tepat sasaran, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda bisnis berkembang melalui e-commerce tersebut. (mdk/bu-05)

 

Sumber: merdeka.com

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *