MBL’21 Akan Digelar untuk Bangkitkan UMKM dan Hadapi Bonus Demografi Indonesia 2030

  • Whatsapp

JAKARTA – Dalam rangka mendukung pemerintah dalam pengembangan UMKM di Indonesia, akan digelar seminar dan pelatihan untuk para anak muda melalui even Milenial Bangkit Lagi 2021 (MBL’21).

MBL’21 digelar oleh Seekerrevolution (SRO) yang sukses menggelar even sebelumnya pada 2020 yakni Milenial Trainer Fertival (MTV’20) dengan ‘Tema Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional di tahun 2021″.

Kali ini, SRO pada even MBL’21 mengambil tema besar “Bonus Demografi Indonesia? akan digelar dalam dua tahap yakni pertama pada 20 Februari 2021 dengan sub tema “UMKM Bangkit” dan even kedua pada 27 Februari 2021 dengan sub tema “Pemanfaatan Program Ausbildung Jerman untuk SDM di Indonesia”.

Adapun pemateri akan dihadirkan diantaranya Dr. Indra Cahya Uno selaku pendiri Gerakan Sosial OK OCE Indonesia, Prof. Dr. Adi Marwan Atdikbud Kedubes RI di Jerman, Iim Rusyami (Ketua Umum OK OCE Indonesoa), Alwien Parahita B.SC., MSC, Chief Executive Director PT. Germany Profesional Indonesia, Dendi Alga Utama (CEO ALGA Creative Digital Agency), dan Anggara Rifani Rahman (Indonesian Chef di Bonn, Jerman).

Muhammad Reza Pahlepi selaku Anggota SRO (Seekerrevolution) di bidang Ekonomi Kreatif mengatakan even ini digelar untuk pelatihan anak muda demi mengurangi pengangguran di kalangan masyarakat Indonesia.

“Latar belakang diadakan acara ini sebetulnya karena kami ingin mendukung pemerintah dalam pengembangan UMKM di Indonesia melalui seminar dan pelatihan untuk para anak muda. Kami harap para anak muda jadi punya horizon yang luas dan banyak point of view dalam melihat peluang yang ada di sekitarnya untuk dijadikan peluang usaha,” kata Reza kepada radarcom.id, Sabtu (13/2).

Reza Pahlepi. Foto Istimewa
Vienkan Bahreyis Khotazan. Foto Istimewa
Vienkan Bahreyis Khotazan. Foto Istimewa
Rahmat Nurhidayat Admin EO Seekerrevolution
Hanif Rabbani selaku Legal & MR EO Seekerrevolution

Menurut putera Lampung yang kini tinggal di Jerman ini, salah satu tema penting diangkat dalam acara ini adalah Strategi Marketing untuk para pelaku Usaha UMKM di Era Digital 4.0.

“Ada dua sub tema. Pertama “UMKM Bangkit” digelar pada 20 Februari 2021. Selain itu, sub tema kedua pun sangat menarik karena akan mengulas tentang Ausbildung. Disini kami ingin memberikan informasi lengkap seputar program Ausbildung, yang mana program ini dapat menjadi alternatif untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia,” tuturnya.

Apa itu Ausbildung di Jerman? Ausbildung adalah pendidikan vokasi khas Jerman yang mempersiapkan para pekerja muda untuk 325 jenis profesi.

“Program ini bisa diikuti bukan hanya oleh orang Jerman tapi juga untuk orang Indonesia lho. Apalagi demografi Jerman berbanding terbalik dengan bonus demografi Indonesia. Jadi, kalau sulit mencari kerja di negeri sendiri, kenapa nggak keluar negeri sekalian dan kembali dengan pengalaman internasional dan lanjut berkarya di negeri sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Vienkan Bahreyis Khotazan selaku CEO Seeker Revolution Organzier (SRO) mengatakan pada bulan Februari ini mengadakan salah satu event yang mana dalam event ini saya melihat kondisi Indonesia di tahun 2020 merupakan kondisi yang sangat berat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dimana pandemi Covid-19 yang memberikan dampak sangat besar yang tidak hanya pada sektor kesehatan namun juga pada sektor ekonomi.

“Di tahun 2020 saya coba angkat dengan konsep Milenial Trainer Fertival (MTV’20) dengan Tema Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional di tahun 2021 dan saat ini saya angkat kembali bersama rekanan saya Muhammad Reza Pahlepi dengan Konsep Milenial Bangkit Lagi 2021 (MBL’21). Dimana saya disini melihat bagaimana para pemuda yg saat ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia salah satunya Sektor Ekonomi dan Pendidikan, yang mana Indonesia akan menghadapi Bonus Demografi, hal ini sangat perlu diperhatikan… Oleh karena itu pada dua sub tema yg saya angkat ini yaitu “UMKM Bangkit” dan “Pemanfaatan Program Ausbildung Jerman untuk SDM di Indonesia”,” kata CEO SRO.

Ditambahkannya, harapannya ini akan menjadi salah satu hal yang mestinya sangat penting diperhatikan oleh para generasi muda.

“Karena dua hal ini yaitu, UMKM menjadi salah satu penumbuhan perekonomian di Indonesia dan Program Ausbildung di Jerman ini menjadi salah satu program untuk menciptakan lapangan pekerjaan maupun para pekerja dengan kompetensi Internasional. Sehingga para generasi muda bisa bersaing secara Internasional dan pengangguran di Indonesia yang secara data banyak dari kalangan SMK, SMA dan Mahasiswa dapat diturunkan,”

“Dua sub tema ini sangat pas untuk rekan-rekan semua pelajar khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dalam membantu Indonesia lebih maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Hanif Rabbani selaku Legal & MR EO Seekerrevolution (SRO) mengatakan pengangguran usia produktif adalah kategori kelompok pengangguran tertinggi di Indonesia. Terutama untuk lulusan SMK, SMA dan Sarjana.

“Mengentaskan pengangguran usia produktif adalah target goals dibalik misi event ini. Saya berharap melalui event ini, kita bisa bersama mengentaskan pengangguran usia produktif,” tukasnya.

Rahmat Nurhidayat selaku Admin EO Seekerrevolution (SRO) mengatakan memang tidak bisa dipungkiri, wabah Covid-19 terus berlanjut, sehingga bukan hanya berdampak pada sisi kesehatan melainkan juga ke berbagai sektor, salah satunya ekonomi dan pendidikan ditamhah lagi dengan adanya Bonus Demografi di indonesia.

“Seeker Revolution menyadari akan hal itu, sehingga tercetusnya program Milenial Bangkit Lagi (MBL’21), kami harapkan banyak pemuda di Indonesia tersentuh hatinya untuk bergerak membantu pemerintah dalam mempersiapkan bonus demografi  sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Rahmat. (radarcom.id)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *